Jumat, 21 Oktober 2011

adaptasi gue dan Arsa.

Udah kurang lebih 1 bulan mama ngantor, dan ninggalin Arsa untuk kembali bekerja, namun sesungguhnya mama ingin selalu bersamamu setiap saat nak :(  *supermelankolisabisss

Diawali dengan pengambilan cuti kehamilan gue yang pas banget sama bulan puasa dan masuknya 2 minggu setelah lebaran membuat gue dan suami kesulitan mencari nanny. Mulai dari tukang ojek, bajaj, tetangga, sodara jauh diberdayakan namun sama sekali ngga membuahkan hasil tapi akhirnya (alhamdulilah..)  ART kami yang lama memberanikan diri untuk merawat Arsa padahal tadinya dia udah ngga mau, karena ngga pernah ngerawat bayi. Alhamdulilah, satu masalah terselesaikan.

Masalah kedua, waktunya mepet banget, cuma 5 hari sebelum masuk kerja dan si mbak belum di training apapun (fyuhhh..) Alhamdulilah si mbak cepet nangkepnya, dari mulai mandiin, steril botol, sampe manasin ASIP (Asi Perahan) . Sayangnya dan ini membuat masalah baru adalah gue memilih dot yang ngga ribet (karena sisa 5 hari) untuk media minum ASIP nya.

H-5 sampai dengan H-3 sayangnya lagi entah kenapa Arsa tidak mau pake dot, dot nya cuma digigit sama dilepeh-lepeh sisanya nangis kejerrrrr --"

H-2 ada yang menyarankan menggunakan dot warna kuning karena lebih empuk, oke! dengan sigap gue beli dot warna kuning yang katanya lebih empuk itu.. Alhamdulilah bangettt, Arsa mau walau awalnya nangis-nangis.. H-1 lancarr dan besoknya gue ngantor..

Alhamdulilah.. Alhamdulilah..

Minggu berikutnya, muncul sebuah bintik putih di payudara gue yang mengakibatkan penyumbatan aliran susu. (plugged duct) rasa sakitnya cukup lumayan kliyeng-kliyeng tapi yang terpenting lagi cara ngobatinnya gimana?? gue ke salah satu klinik laktasi dan disarankan untuk mengkompres dengan air hangat, tapi masih belom ada hasil :( dan makin membesar saja bintik putihnya fyuhhh...
sampai akhirnya gue ke KMC untuk di ekstraksi sumbatannya disarankan seorang teman dan baca-baca milis AFB, Alhamdulilah selama seminggu sembuh.. Alhamdulilah..

Di minggu kedua, gue merasakan keanehan dengan Arsa. Hisapan pas nenen ga seperti biasanya, dan seperti ogah-ogahan, beberapa hari kemudian dia udah agak-agak nangis kalo mo nenen sama gue dan mesti nursing strike dulu. then,finally I know kalo Arsa kena 'bingung puting' *dan pas banget timing nya dengan suami yang mesti prajab selama 3 minggu*. Bener-bener sedih.

Menurut gue nenen langsung itu penting banget untuk bonding sama anak, gue takut produksi ASI menurun karena stress atau ga kebayang kalo mesti full pumping. fyuh.... sedihnyaa tapi ga boleh sedih :'(

Tapi Arsa belum parah banget, dia masih stadium awal kok dan masih kadang-kadang mau, kadang-kadang ngga.. *menenangkan diri dan kembali membangun semangat*

Sekarang Arsa lagi training pakai feeder cup selang seling dengan dot, karena kalau full cup feeder masih ngamuk dan nangis kejerrrrr --"

bismilah.. mohon doanya dan dukungannya :)
saya sangat butuh dukungan, semoga Arsa bisa jadi sarjana asi dan kami bisa kasih yang terbaik untuknya. Tentu ini tidak bisa dilakukan dengan gue sendiri, gue butuh teramat sangat butuh dukungan suami dan keluarga.

Arsa bisa  ya sayang.. *kiss kiss dari mama*

2 komentar:

Linda mengatakan...

Arsa pasti bisa ma, semangat :)

ratiehebat mengatakan...

amin aminn :)

© 2009 ratiehebat design by Wulan Aquariyanti Image by Ellyza Zakaria