Rabu, 28 Desember 2011

Selamat makan Arsano :)

Besok adalah waktunya Arsa untuk makan pertama atau lebih dikenal dengan sebutan MPASI (Makanan penunjang ASI). hihihi.. am so excited! Sumpah deh.. :D Tapi sebelumnya.. gue ceritain dulu cerita gue yang semoga bisa diambil hikmahnya oleh para pembaca sekalian :) amiiinnn.

Waktu gue menikah dan hamil. Biasanyaa namanya hamil pertama kali, kita cari info dimana-mana. Gimana melahirkan yang baik dan benar, pantangan, ngurus anak gimana, termasuk soal si ASI ini. Gue tadinya nggak addicted amat sama asi, gue mikirnya nggak usah lebai kali ya.. di campur juga gapapa.. biasa aja.. tapi ternyata ini bukan masalah lebai ga lebai *apasih*  entah gimana caranya sampai akhirnya gue menjadi salah satu anggota milis asiforbaby milik AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Sumpah ya, ilmu yang gue dapetin disana banyaaakk banget... tiap hari, tiap jam, tiap menit.. cring cring.. smartphone gue bunyi mulu.. nggak terkecuali kalau jam 1 atau 2 pagi --" yang ternyata milis ini rame karena banyak emak-emak yang begadang ngurusin bayinya.. hahaha :P sampai akhirnya gue sama suami berubah pikiran gara-gara si milis asiforbaby ini. Dari milis asiforbaby ini gue juga akhirnya tau kalauuuu

1. Keluarnya ASI tidak dipengaruhi oleh bentuk payudara maupun bentuk puting, keturunan, atau bahkan ASI nggak keluar sama sekali. ASI pasti keluar! wong udah pasangan sama ibunya, ASI nggak ada yang jelek! Ngga ada istilah ASI encer, ASI basi, n the bray n the bray  yang bisa dilihat di sini

2. Banyak dan sedikitnya ASI berasal dari hormon prolaktin (kenyotan bayi) dan oksitosin (mood emaknya, dan yakin kalo bisa ngASI) makaanyaa.. dibela-belain lah.. bayi baru lahir yang ibunya belum keluar ASI nya untuk nggak minum apa-apa sama sekali karena pada dasarnya bayi baru lahir memiliki ketahanan untuk tidak minum apapun sampai 3 hari biar bangun dan belajar ngenyot langsung sama emaknya untuk latihan awal yang bener.. pelekatan, dst.. karena kalau dikasih susu lain bayi lebih lama pinternya (pinteran pakai dot dulu) dan kenyang duluan terus tidur jadi kapan belajarnya.. (kasian amat baru bayi langsung belajar :P)

3. Ketika ASI dicampur sufor, tajin, air putih maka bayi akan kenyang dan kurang kenyotan ke emaknya.. akibatnya ASI akan semakin sedikit (cek ke nomor 1 apa yang bikin ASI banyak) dan sufor pun menang.. itu sebabnya makanya ASI harus berdiri sendiri.

Oke, pengetahuan gue bertambah.. gue dan suami memutar haluan untuk agar kita bisa usahakan asi esklusif sebisa-bisanya.

KENYATAANNYA

Gue lahiran dengan normal-induksi. Beuh... Rasanya lelah, capek, dan tentunya lumayan stress. ASI belum keluar di hari pertama, kedua, dan ketiga.. ASI nya keluar, tapi masih kolostrum. Payudara gue sama sekali nggak bengkak, dan ngga ada yang namanya asi gue banyak dan melimpah dan sayangnya gue meyakini kalau asi gue ngga banyak -__- *lagi capek, ngedrop, bingung ditambah panik*

Saat itu payudara gue sakit karena pelekatan yang kurang tepat, badan meriang, asi belum banyak dan ambeien -__- pikiran gue mulai kemana-mana mulai dari tounge tie, ya entah kenapa gue cepat mengira-ngira kalo Arsa tongue tie padahal engga -__- karena tangisan Arsa waktu itu bikin gue bingung, panik, dan badan pun belom fit maka gue dan suami putuskan memakai susu bantuan dulu.

2 hari Arsa menggunakan campuran susu bantuan, saaat itu juga gue langsung curhat di milis Asiforbaby. Milis ini yang bikin gue semangat untuk bangkit lagi dan bilang Arsa pasti bisa full Asi.

Saat itu gue kaya kambing makan daun :) sarapan katuk, snack katuk, makan siang kacang merah/bayam, makan sore kacang merah/bayam, di dampingi lactamom, lancar asi, kacang kedelai, edamame..  pokoknya semua gue embat demi anak bayi laki-laki ini deh.. seminggu.. dua minggu.. gue mulai percaya diri arsa sudah full asi..  (padahal gue tetep ga pernah ngerasa bengkak/penuh/ngucur seperti orang-orang lain) gue memantau terus dari pipis yang 5-6x, pipis lebih dari 5-6x berarti asi cukup.. kalo arsa nangis, arsa rewel gue meyakinkan diri gue dia bukan haus pengen susu bantuan lain, dia mau yang lain pokokny.. fyuuuh..


Sebulan kemudian, gue mulai percaya diri, mulai bisa tersenyum (walau tetep jadi kambing) mulai bisa nyambi sambil social network atau chitchat lewat smartphone. Sampai suatu hari tantangan perASIan gue yang lain pun datang... fyuh.. tiba-tiba saja sore-sore badang gue agak meriang dan pd gue sakiiiit.. ternyata gue terkena.. plugged ducts haissyaaahh...bolak balik ke klinik laktasi, sembuh.. kena lagi.. sembuh.. kena lagi.. sampai akhirnya gue memutuskan untuk di ekstraksi (operasi kecil di pd gue) yang sakitnya lumayan juga.. demi cepet biar sembuh.. haishyaaahhh....

Alhamdulilah, 3 hari sehabis ekstraksi langsung sembuh dan kembali normal.. Alhamdulilah Alhamdulilah..

Nggak terasa sudah 3 bulan gue cuti, nannynya arsa baru dapet seminggu sebelum masuk.. huhuhu.. dengan waktu sesingkat itu gue panik dong, dan terpaksa minumin ASIP pake dot karena mikirnya yang nggak susah dan adaptasi belajarnya nggak lama.

Seminggu pertama, Arsa minum ASIP banyak, gue senang dan sangat bersyukur karena semua seperti berjalan lancar dan berharap bisa begini terus paling engga sampai 1 tahun kedepan.. tapiiii.. gue berencana apa.. dan Tuhan maunya lain.. gue masih diberi ujian lagi ternyata.. wkwkwk... di minggu kedua dia keenakan sama dot nya, hikss.. dia ngga mau nyusu sama emaknya.. atau dikenal dengan nipple confusion
lo ga bakal tau rasanya sebelum lo menyusui jadi ga usah komen apa-apa deeehhh *emosi ceritanya wkwkw* pokoknya rasanya sediiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhh bangettt... di tinggal pacar maahh lewaaaaaaaatt kemana-mana.. huhuhuhuuhu...

Okay, waktunya Arsa belajar kembali.. mix antara feeder cup dan dot, full cup feeder, nyobain medela calma, semua ditolak mentah-mentah dan pilihan pun jatuh ke softcup (dia tau yang paling mahal yang mana, huhhh) training kurang lebih 2 bulan, akhirnya arsa bisa jatuh hati ke softcup :) dia sudah lupa sama dotnya, dan sudah cinta kembali ke pelukan emaknya.. hihihihi.. Alhamdulilah..

Nggak terasa sudah 6 bulan mama, papa, dan Arsa berjuang.. perjuangan kita masih panjang ya nak :)
Mama, papa, dan Arsa mesti harus saling belajar. Perjalanan kita masih panjang nak :)

Semoga kita bisa ya sayangku.
Terus belajar, dan belajar lagi.. :)

Love Papa and Arsa so much :*

4 komentar:

Adinda Indah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Adinda Indah mengatakan...

medela calma sama cup feedernya boleh dilego kah mbk??? saya juga working mom, saya juga lagi cari2 media pemberian asip yang pas biar ga bingung puting....drpd beli semua2nya, heheh. #irit

Unknown mengatakan...

Hai mom

Unknown mengatakan...

Hai mom, perkenalkan sy new mom, anak sy skrng 3,5 bulan.. Sdh mulai kena bingung puting stlh sy tinggal kerja ke luar kota 4 hr.. Kmrn sy br beli medela softcup feeder,, tp memang butuh ekstra kesabaran y bt mimiin nya.. Klo tdk keberatan sy ingin skali bertanya ttg pengalsman pemberian softcup ini.. Pliis add line sy di sensor15 atau sy mnta id line nya mba ratieh... Thx

© 2009 ratiehebat design by Wulan Aquariyanti Image by Ellyza Zakaria